Senin, 18 November 2019

Lamandau Jalin Kerjasama dengan Universitas Brawijaya

Diterbitkan tanggal 15 Januari 2019

Nanga Bulik – Pemkab Lamandau menjalin kerjasama dengan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (Unibraw), Malang, Jawa Timur.

Kerjasama tersebut dalam rangka mewujudkan visi dan misi Bupati Lamandau, khususnya misi kesatu yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dari korupsi kolusi dan nepotisme (KKN).

Untuk itu, dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama oleh penjabat (Pj) Sekda Lamandau H Masrun bersama Dekan FIA Unibraw, Prof. Dr. Bambang Supriyono, MS, Senin (14 /1/2019) yang juga dihadiri Bupati Lamandau H Hendra Lesmana.

Dalam keterangan tertulisnya, Bupati Hendra mengatakan, kerjasama tentang kajian akademis, analisis beban kerja untuk perhitungan tambahan penghasilan pegawai dan Bimbingan Teknis (Bimtek) rencana strategis (Renstra) perangkat daerah Kabupaten Lamandau tersebut sangat penting.

“Kerjasama yang kita jalin bersama dengan Unibraw Malang ini merupakan salah satu action atau langkah awal dalam rangka mewujudkan visi dan misi Bupati Lamandau,” ungkapnya.

Hendra menyebut, birokrasi yang baik dan bersih dari KKN adalah modal utama dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Lamandau 5 tahun ke depan.

“Tata kelola pemerintahan yang baik akan menciptakan kinerja perangkat daerah menjadi lebih efektif dan efisien sehingga capaian kinerja pemerintah daerah dapat dicapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Dia menilai, birokrasi yang bersih juga menjadi kunci utama kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah daerah. Dengan kepercayaan masyarakat yang tinggi maka program-program pembangunan daerah dapat berjalan dengan lancar dan didukung dengan masyarakat yang partisipatif.

“Untuk mewujudkan peningkatan kapasitas tata kelola pemerintahan dan peningkatan kualitas pelayanan publik, salah satunya dengan membangun budaya kerja yang profesional,” terangnya.

Budaya kerja itu diimplementasikan ke dalam salah satu program unggulan Bupati Lamandau, yaitu ASN Juara, yang kemudian diterjemahkan ke dalam indikator sasaran RPJMD yaitu indeks profesionalitas ASN.

Langkah Pemkab Lamandau menggandeng pihak Unibraw tersebut juga selaras dengan arah kebijakan pengembangan SDM Aparatur dalam rangka meningkatkan profesionalitas ASN yang digadang-gadang Kemenpan dan RB. Salah satunya adalah dari segi peningkatan kesejahteraan berbasis kinerja.

Sumber : Borneonews, Oleh Hendi Nurfalah, 15 Januari 2019 – 17:06 WIB

 

Share
© 2019 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id