Minggu, 29 Maret 2020

Pemerintah Kabupaten Lamandau Gelar Upacara Hari Bela Negera Ke- 71

Diterbitkan tanggal 20 Desember 2019

Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten Lamandau melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-71, yang diperingati setiap tanggal 19 Desember 2019 secara serentak seluruh Indonesia, upacara berlangsung di halaman kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Lamandau, yang dipimpin langsung Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto, S.STP sekaligus membacakan Amanat Presiden RI. Kamis, (19/12/2019).

Penetapan 19 Desember sebagai Hari Bela Negara dipilih untuk mengenang peristiwa sejarah ketika tanggal 19 Desember 1948. Ketika itu, Presiden RI Ir. Soekarno memberikan mandat penuh kepada Mr. Syafrudin Prawinegara untuk menjalankan pemerintahan dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Padang, Sumatera Barat, guna menjaga keutuhan NKRI.

Upaya tersebut adalah untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara sebagai nilai dasar bela negara mencakup cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela Negara.

Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Kegigihan PDRI dalam sejarah Hari Bela Negara pada akhirnya membuahkan hasil sehingga keberadaan Indonesia mendapat perhatian dari dunia internasional ”Dalam beberapa tahun yang lalu kita telah dan akan terus membangun segala infrastruktur yang diperlukan untuk kemajuan bangsa, mencetak lapangan kerja, mendorong peningkatan sumber daya pembangunan, dan reformasi birokrasi pemerintahan. Namun sekali lagi , faktor yang paling utama tetaplah SDM yang unggul demi kemajuan Indonesia
Tanpa sikap dan perilaku bela Negara , maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alam yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang dicita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa,” ujar wabup.

Upacara dihadiri Kepala OPD, Unsur FORKOPIMDA, dan diikuti seluruh ASN Lingkup Pemkab Lamandau.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Sumber : Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2020 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id