Sabtu, 16 Oktober 2021

Pemkab Lamandau Bahas Program PEN dan Kredit Melawan Rentenir.

Diterbitkan tanggal 11 September 2020

Wakil Bupati memimpin Rapat Pembahasan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Kredit Melawan Rentenir yang dihadiri Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalteng, Perwakilan Bank Kalteng Provinsi, kepala Bank Kalteng Cabang Lamandau, Kepala Bank Perkereditan Rakyat (BPR) Sampuraga Cemerlang dan Kepala Dinas Koperasi , Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian, diruang kerjanya. Kamis (10/08)

Pandemi Covid-19 telah menjadi bencana kesehatan dan kemanusiaan yang berimbas pada semua lini kehidupan manusia. Selain itu, telah meluas ke masalah sosial, ekonomi, bahkan ke sektor keuangan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah saat ini OJK sedang menyiapkan skema kredit suku bunga rendah yang diperuntukan bagi para pelaku usaha di wilayah setempat.

“Ini yang sedang kami rumuskan bersama pemerintah daerah, termasuk Bank Kalteng untuk skema kredit suku bunga rendah dan proses cepat,” kata Kepala OJK Kalteng, Otto Fitriandy.

Kepala OJK Klateng menjelaskan, tujuan disiapkannya skema kredit suku bunga rendah, agar kedepan menjadi alternatif pembiayaan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kalimantan Tengah.

Hal ini sekaligus sebagai upaya menanggulangi keberadaan pelaku industri jasa keuangan ilegal seperti rentenir yang merugikan para pelaku usaha maupun masyarakat.

Otto mengungkapkan, untuk itulah pihaknya berupaya merumuskan skema kredit suku bunga rendah, namun kebijakan itu perlu proses, kerja sama dan dukungan berbagai pihak, terutama pemerintah daerah

Wakil Bupati Riko Porwanto, S.STP mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lamandau menyambut baik program OJK yang sasarannya adalah mendorong dan membangkitkan kembali UMKM yang mana artinya kegiatan ini sangat meringankan para pelaku UMKM dalam hal permodalan.

“Ini hal baik, tujuannya adalah penyelamatan usaha dengan kredit cepat, program ini akan kami bahas tentunya dengan kajian-kajian bersama bupati, instansi dan pihak terkait,”ucap wabup.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id