Minggu, 19 September 2021

Pemkab Lamandau Canangkan Desa Cantik.

Diterbitkan tanggal 29 Mei 2021

Lamandau Bergerak Cepat – Desa Wonorejo Kecamatan Sematu Jaya dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) oleh Bupati Lamandau yang diwakili oleh Sekda Lamandau M. Irwansyah, dilaksanakan Sabtu (29/05/2021) pagi di Pendopo Desa Wonorejo Kecamatan Sematu Jaya.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) prov. Kakteng, Eko Marsoro dan Kepala BPS Kab. Lamandau, Tony Supriyanto.Dalam sambutannya, Kepala BPS Lamandau menyampaikan laporan mengenai Desa Cantik.

Ini adalah satu program peningkatan kompetensi aparatur desa dan kelurahan dalam pengelolaan dan pemanfaatan data.”Sehingga perencanaan pembangunan di desa dan kelurahan akan lebih tepat sasaran,” ungkapnya.

Inisiasi kegiatan ini berdasarkan fakta secara nasional, bahwa desa dan Kelurahan berkontribusi sebesar 74 persen pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. “Peranan Desa sangat dominan dalam beberapa hal. Juga dalam rangka pemenuhan tujuan pembangunan, desa berkontribusi 91 persen dalam 10 sasaran berorientasi kewilayahan,” ungkapnya.

Namun selama ini desa dan kelurahan tidak masuk daftar rencana aksi nasional. Sehingga untuk mewujudkan target, BPS berupaya membangun kemitraan dengan desa melalui penyediaan dan analisis data yang diperlukan untuk perencanaan pembangunan di tingkat desa dan kelurahan.”Di tahun 2021 dipilih 100 desa dan kelurahan dalam rangka pembinaan statistik sektoral pada level wilayah administrasi terkecil yakni desa dan kelurahan,” sebutnya.

100 Desa ini dipilih dari 301 usulan pembinaan statistik desa di seluruh wilayah Indonesia. Di Kalteng 3 Desa terpilih salh satunya adalah Desa Wonorejo Kecamatan Sematu Jaya Kab. Lamandau. “Pembinaan yang akan dilakukan BPS adalah untuk menggali data statistik terkait potensi desa dan kelurahan tersebut,” tandasnya.

Sementara, Bupati Lamandau dalam sambutan yang dibacakan Sekda M. Irwansyah, ia mengatakan bahwa keberadaan data sangat penting. Misalnya saat pemerintah mencanangkan program jaring pengaman sosial atau bantuan sosial.

“Mari kita dukung Desa Cinta Statistik di Wonorejo ini untuk pembangunan desa yang tepat sasaran. Desa Cinta Statistik, mendata dari desa mewujudkan satu Data Indonesia.” Pungkasnya.
Setelah sambutan Sekda dengan didampingi kepala BPS memukul gong sebagai tanda dicanangkannya kegiatan Desa Cinta Statistik/ Desa Cantik di Kabupaten Lamandau.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id