Kamis, 28 Oktober 2021

Pemkab Lamandau Gelar Rapat Bahas Plasma bersama PT. SLR.

Diterbitkan tanggal 09 Juni 2021

Lamandau Bergerak Cepat – Rabu (09/06)
Dalam rangka merealisasikan kebun kemitraan/plasma PT. Sawit Lamandau Raya (SLR) berdasarkan UU Cipta Kerja dan UU Pertanian/perkebunan mengenai kewajiban 20%.
Agar diperjelas kembali luas areal plasma tiap-tiap desa. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ir. Ray Paskan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan bertemat di Aula Sekretariat Daerah.

Dalam arahannya Ray Paskan menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah bertanggung jawab sebagai pembinaan dan melakukan pengawasan. Perlu dilakukan pemetaan secara detail untuk mengatur kembali penetapan lahan plasma agar lahan yang dikerjasamakan benar-benar clear dan tidak bermasalah dikemudian hari.

Kita perlu mempersiapkan secara detail pemetaan lahan yang diperuntukkan untuk Plasma PT. SLR sehingga setiap desa mengetahui luasan plasma masing-masing, pemetaan dilakukan secara terperinci. Camat agar memfasilitasi pembentukan kelembagaan di tingkat desa untuk mendorong realisasi pembangunan kebun plasma. Ujar Ray Paskan.

Lebih lanjut beliua mengatakan agar tidak menjadi permasalahan dikemudian hari perlu diantisipasi mengenai perkembangan lahan-lahan yang diperuntukkan untuk kebun kemitraan/plasma. Pihak koperasi agar menginventarisasi lokasi masing-masing dan dirinci kembali sebelum dilakukan pembukaan lahan oleh pihak perusahaan.

PT. Sawit Lamandau Raya
Berterimakasih kepada Pemda Lamandau atas respon surat perusahaan untuk memfasilitasi pertemuan untuk membahas pembangunan kebun plasma. Berdasarkan SK HGU konsesi lahan 5.898 Ha. Areal yang diploting untuk kemitraan tersebut seluas 1.159 Ha.

Fokus kita adalah bagaimana agar kemitraan/plasma kepada masyarakat segera terealisasi. Kami sepakat serius untuk pembangunan kebun plasma, langkah awal sebanyak 38 Ha di desa kawa akan segera dilakukan pembukaan lahan.
Setiap lahan PT. SLR yang dikelilingi 6 desa sudah dibebaskan, kami berharap agar difasilitasi bagaimana lahan tersebut bisa dibangun dan tidak bertentangan dengan warga setempat. Untuk detail luas plasma tiap desa akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Berdasarkan beberapa arahan, masukan/tanggapan dalam rapat disimpulkan bahwa Tim Pemerintah Daerah melakukan inventarisasi dan identifikasi kembali atas luas lahan dan kelembagaan desa yang diusulkan bermitra dengan PT SLR, dan akan diagendakan pertemuan selanjutnya untuk memperjelas aspek legalitas dan hasil identifikasi verifikasi Tim Pemerintah Daerah di lapangan.

Turut juga hadir perwakilan plasma/kemitraan kepada masing-masing desa/koperasi di antaranya Camat Lamandau, Camat Batang Kawa, Kepala Desa Tanjung Beringin, Kades Kawa, Koperasi Hijau Lestari Desa Cuhai, Koperasi Indah Desa Karang Taba.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id