Senin, 02 Agustus 2021

Pemkab Lamandau Gelar Rapat Persiapan Menghadapi Bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Diterbitkan tanggal 06 April 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Kamis (01/04), Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Loderman mewakili Bupati Lamandau memimpin rapat Persiapan Menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri yang dilaksanakan di Aula Setda Lamandau pada pukul 14.00 WIB. Rapat ini dihadiri oleh perwakilan Kapolres, perwakilan Kemenag, perwakilan FKUB, Kabag Kesra, dan tokoh-tokoh agama.

Asisten Pemerintahan dan Kesra menjelaskan dengan di adakannya rapat ini mengharapkan peran aktif dari tokoh agama untuk bersama-sama merumuskan bagaimana menghadapi Bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021. Yang ingin dicapai dari rapat ini adalah bentuk kegiatan yang diperbolehkan dalam kegiatan ibadah bulan ramadhan berupa sholat tarawih, takbiran pada saat Idul Fitri, begitu juga aturan tentang kembang api saat bulan ramadhan.

Selanjutnya Kapolres diwakili oleh Kasat Intelkam mengatakan “Kami sudah melakukan komunikasi dengan FKUB dan tokoh agama tentang apa saja yang perlu ditindaklanjuti. Untuk kegiatan safari ramadhan kita perlu melihat zonasi penyebaran covid-19, mana yang bisa melaksanakan kegiatan safari ramadhan mana yang tidak. Kecamatan Delang, Lamandau, Batang Kawa, Belantikan Raya, dan Menthobi Raya sudah memasuki zona Hijau, sedangkan di Kecamatan Bulik masih terdapat beberapa titik yang memiliki zona Merah. Dan untuk Kabupaten Lamandau cenderung menurun untuk kasus konfirmasi Covid-19,” ungkap Perwakilan Kapolres Lamandau.

“Sampai saat ini belum ada instruksi/surat terkait pelaksanaan kegiatan Bulan Ramadhan dari Dirjen Bimas Islam. Untuk pelaksanaan kegiatan perlu sesuai dengan peraturan Pemerintah Daerah yaitu selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan di Bulan Suci Ramadhan,” ungkap perwakilan Kemenag

Sedangkan dari FKUB menginformasikan hasil rapat yang sudah dilaksanakan oleh FKUB, memutuskan untuk mendukung penuh beribadah di bulan Ramadhan asalkan tetap memenuhi protokol kesehatan. Dimohon untuk adanya surat edaran yang mengatur tentang peribadatan yang sesuai dengan zonasi penyebaran Covid‐19.

“Jika dalam pelaksanaan sholat tarawih nantinya terjadi kerumunan mohon diberi bimbingan dan dikontrol oleh pihak Polres Lamandau dan Satpol PP Lamandau. Dan untuk masalah petasan kami sepakat untuk dilarang, mudah-mudahan penambahan kasus Covid-19 tidak berlanjut lagi, karena menjadi tugas kita untuk selalu membimbing dan mempendomani seluruh masyarkat terutama di Kabupaten Lamandau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.” ungkap salah satu Tokoh Agama.

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id