Kamis, 28 Oktober 2021

PEMKAB LAMANDAU HADIRI ACARA VERIFIKASI LAPANGAN PENILAIAN PENGHARGAAN APE.

Diterbitkan tanggal 22 Maret 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Jum’at (19/03), Sekda Kab. Lamandau M. Irwansyah, SP., MP. mengikuti acara Verifikasi Lapangan Penilaian Penghargaan APE via Zoom Meeting pukul 09.00 WIB di Kantor BKD Kab. Lamandau. Ditempat terpisah DP3AP2KB juga mengikuti zoom meeting tersebut di Aula Sekda diikuti oleh Kepala DP3AP2KB beserta jajarannya. Acara tersebut juga dihadiri oleh Susanti, Deputi Kesetaraan Gender Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda membawakan sambutan mewakili Bupati Lamandau yang tidak dapat hadir di acara tersebut dikarenakan ada agenda lainnya. “Keadilan Gender merupakan aspek yang sangat penting dan harus direspon dalam setiap aktivitas pembangunan. Sebagai salah satu komitmen maka keadilan gender harus mewarnai setiap kebijakan maupun pelaksanaan pembangunan daerah” Ungkap Sekda.

“Indeks Pembangunan Gender sendiri sudah termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab. Lamandau. IPG di Kab. Lamandau pada tahun 2020 yaitu 91,90% dari target 92,02% dan sudah mempunyai renstra yang sudah memuat responsif gender” Sambung Sekda dalam sambutannya.

Di Kab. Lamandau telah terbentuk kelompok kerja pengarustamaan gender yaitu sebagai wujud pelembagaan pengarustamaan gender sekaligus wadah konsultasi bagi pelaksana dan penggerak (driver) pengarustamaan gender dari berbagai instansi daerah di Kab. Lamandau.

“Kabupaten Lamandau juga sudah mempunyai sumber daya manusia yang pernah mengikuti pelatihan pengarustamaan gender serta tersedia anggaran untuk pelaksanaan program pengarustamaan gender pada tahun 2019 yaitu sebesar Rp. 2.057.253.788,- pada tahun 2020 sebesar Rp. 1.962.891.513,- dan pada tahun 2021 sebesar Rp. 1.166.663.059,-” Tutur Sekda.

Dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, Pemerintah Kab. Lamandau sudah membuat trobosan dalam hal pelaporan kekerasan terhadap perempuan dan anak yaitu membuat aplikasi pengaduan berbasis online “Lapor Perdana”, membentu satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan Keputusan Bupati Lamandau Nomor : 188.45/190/VI/HUK/2020 tanggal 22 Juni 2020.

“Dan untuk memberikan perlindungan bagi perempuan dan anak korban kekerasan Kab. Lamandau sudah mendirikan unit pelaksana teknis daerah Perlindungan Perempuan dan Anak di Kab. Lamandau yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati Lamandau Nomor 74 Tahun 2020 tanggal 23 September 2020. Kabupaten Lamandau juga sudah mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak dengan kategori Pratama.” Tutup Sekda dalam sambutannya.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan verifikasi program PUG (Pengarustamaan Gender) dari DP3AP2KB Kab. Lamandau secara daring.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id