Kamis, 28 Oktober 2021

Pemkab Lamandau Ikuti Rakor Monev Penyaluran Bantuan Sosial Covid-19.

Diterbitkan tanggal 07 Juli 2021

Lamandau Bergerak Cepat – Rabu (07/07), bertempat di Aula Setda Lamandau, Pemkab Lamandau mengikuti Rakor Monev Penyaluran Bansos PPKM Darurat Covid-19 yang dilaksanakan oleh Kemendagri. Rakor tersebut dilaksanakan secara virtual dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan SDA bersama dengan Inspektur, Kepala Dinas Sosial, dan perwakilan dari BKD Kab. Lamandau.

Rakor tersebut dimulai dengan pembahasan dari Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri mengenai pendanaan untuk Pelaksanaan PPKM Darurat akibat Pandemi Covid-19 yang bersumber dari APBD. Kemudian perlunya juva mempercepat proses penyaluran Bantuan Sosial serta Jaringan Pengaman Sosial yang bersumber dari APBD.

Dalam hal tersebut, Dirjen Bina Keuangan Daerah menambahkan bahwa yang menjadi realisasi Bantuan Sosial ini adalah masalah kesehatan, kemudian jaring pengaman sosial, dan masalah dampak ekonomi. Perlunya juga langkah-langkah yang diperhatikan yaitu harus bisa membedakan antara Bansos dan JPS (Jaring Pengaman Sosial). Koordinasi juga harus terus terjalin antara BPKAD dan Dinsos di daerah. Kemudian untuk Bansos itu sendiri yang menjadi sasaran adalah masyarkat yang punya resiko sosial dalam program PPKM Darurat dan PPKM Mikro.

Dirjen Bina Keuda juga mengingatkan kepada daerah-daerah yang belum merealisasikan Dana Bansos yang sudah dianggarkan oleh Pemerintah Daerah masing-masing. Untuk Insentif Tenaga Kesehatan juga menjadi perhatian dalam rakor tersebut, karena untuk Pemerintah Kab/Kota d Indonesia hanya terealisasi sebesar 8,25% dari jumlah anggaran yang ada. Perlunya dukungan dalam pembayaran Insentif Tenaga Kesehatan.

Inspektur Jendral Kemendagri juga menambahkan untuk para APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) untuk mengawal dan mengasistensi program Dana Bansos PPKM Darurat dan segala kebijakan Pemerintah Daerah.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id