Sabtu, 16 Oktober 2021

Pemkab Lamandau Menggelar Rapat Pelaksanaan Idul Adha 1442 H.

Diterbitkan tanggal 13 Juli 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Bertempat di Aula Setda Lamandau, Pemkab Lamandau menggelar rapat terkait pelaksanaan Idul Adha 1442 H. Rapat ini dipimpin oleh Sekda dan dihadiri pula oleh Dandim 1017/Lmd, Wakapolres, Kepala Kemenag, perwakilan organisasi Islam, takmir Masjid, dan tokoh masyarakat di Kabupaten Lamandau. Rapat ini digelar dalam hal menindaklanjuti SE Menag No.16 & 17 Tahun 2021.

SE tersebut menjelaskan tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di Wilayah PPKM Darurat. Terlebih Lamandau menjadi salah satu daerah dari 43 daerah yang masuk dalam level 4 penyebaran Covid-19 di Indonesia yang menyebabkan Lamandau menjadi zona merah sehingga rapat ini perlu digelar.

“Rapat ini diadakan agar kita dapat melaksanakan Idul Adha sesuai dengan aturan dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Pada awal rapat ini kita akan mendengarkan penjelasan SE Menag mengenai pelaksanaan Idul Adha dari Kepala Kantor Kemenag Lamandau dan setelah itu akan mendengarkan diskusi dari peserta rapat lainnya,” ucap Sekda membuka rapat tersebut.

Kakan Kemenag Lamandau pada kesempatan itu menjelaskan mengenai isi SE Menag No.16 dan 17 Tahun 2021. Isi SE tersebut salah satunya adalah bahwa daerah-daerah yang berada di zona merah agar tidak melaksanakan shalat Idul Adha terlebih dahulu serta untuk pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dapat memperhatikan protokol kesehatan dan menghindarkan kerumunan massa. Setelah penjelasan mengenai SE Menag tersebut, acara dilanjutkan dengan diskusi antara anggota rapat tersebut.

“Karena Lamandau masuk dalam zona merah, jadi kita mengikuti instruksi dari Menag tersebut. Agar pada saat pembagian daging hewan qurban, panitia qurban dapat membagikan langsung ke rumah-rumah. Ini salah satu cara pencegahan kerumunan massa demi memutus penyebaran Covid-19. Mari kita bersama-sama berdoa, agar diakhir minggu ini kondisi Lamandau berangsur membaik dan keluar dari zona merah, agar kita dapat melaksanakan Idul Adha seperti biasanya di Masjid,” tutup Sekda pada akhir rapat tersebut.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id