Kamis, 28 Oktober 2021

Pemkab Lamandau Mengikuti Knowledge Sharing Bersama OJK.

Diterbitkan tanggal 22 Juni 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Pemkab Lamandau mengikuti knowledge sharing “Sinergi Memperkuat Perlindungan Konsumen di Industri Keuangan” yang diadakan secara virtual oleh OJK. Bertempat di Aula Setda Kab. Lamandau (22/6),  acara ini dihadiri secara virtual oleh Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi Perekonomian, Pembangunan, dan SDA, Inspektur, Kepala Bappeda, Kepala DKUKMPP, Kabid Anggaran BKD, dan Kabid Perbendaharaan BKD.

Acara dibuka oleh Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito. Beliau mengatakan bahwa acara ini merupakan berbagi ilmu dan pengalaman mengenai perlindungan konsumen di bidang keuangan. “Terlebih di dunia modern yang serba digital seperti sekarang ini, sehingga perlu ditingkatkan kepedulian terhadap perlindungan konsumen. Kita harus saling koordinasi dan sinergi untuk memastikan masyarakat Indonesia memahami industri keuangan dengan baik,” ucap beliau sembari membuka acara tersebut.

Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi oleh Bapak Agus Fajri Zam, selaku Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK. Beliau memberikan materi mengenai perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan. “OJK memiliki tugas yaitu pengaturan, pengawasan, dan perlindungan di sektor keuangan. Sehingga menjadi tugas bagi kami untuk mengedukasi masyarakat di sektor jasa keuangan. Terlebih sekarang maraknya pinjaman online dan investasi ilegal yang menyebabkan banyak kerugian bagi masyarakat. Investasi yang sehat harus 2L yaitu legal dan logis,” ucap beliau sembari memaparkan materi.

Pemateri berikutnya yaitu Ibu Yunita Resmi Sari selaku Direktur Eksekutif Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia. “Kiat aman bertransaksi digital yaitu lindungi data pribadi, pastikan transaksi secara resmi, dan adukan apabila ada transaksi yang mencurigakan. Jangan tergoda untuk melakukan transaksi diluar platform seperti dengan cara mengklik link tertentu yang sifatnya mencurigakan. Lindungi pula orang-orang terdekat kita agar tidak menjadi korban kejahatan transaksi digital,” ucap Ibu Yunita.


Paparan berikutnya yaitu dari Pak Sahudi dari Bappebti Kementrian Perdagangan dengan judul materi Perlindungan Nasabah Perdagangan Berjangka Komoditi. Dijelaskan pula mengenai tips terkait pialang berjangka. Beliau berpesan agar tidak mudah tergiur dengan keuntungan yang besar dan informasi yang kurang jelas. “Kenali mengenai produk pialang berjangka yang jelas, jangan mudah tergoda keuntungan yang besar, pelajari mengenai keuntungan dan resiko yang akan terjadi,” pesan beliau menutup materi tersebut.
Setelah dipaparkan tiga materi, dibuka pula sesi tanya jawab. Terlihat peserta webinar antusias bertanya mengenai industri keuangan terkini seperti pinjaman online ataupun kasus aset crypto.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id