Kamis, 28 Oktober 2021

Pemkab Lamandau Mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Diterbitkan tanggal 01 Juni 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Bertempat di Aula Bappeda Kab. Lamandau (1/6), Pemkab Lamandau mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 secara virtual yang dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Kapolres, Dandim 1017/LMD, dan perwakilan Kejaksaan Negeri Lamandau.

Presiden RI Joko Widodo selaku Inspektur Upacara memimpin langsung dari Istana Bogor. Meskipun secara virtual, upacara Peringatan Hari Pancasila 2021 berlangsung secara khidmat seperti upacara biasanya. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas untuk membacakan Pancasila. Sedangkan Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks pembukaan UUD 1945.

Dalam amanat oleh Inspektur Upacara, Presiden RI mengatakan bahwa tema Peringatan Hari Pancasila Tahun 2021 adalah Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Tangguh. Presiden juga berharap momentum peringatan Hari Lahir Pancasila dimanfaatkan bangsa Indonesia untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila. Jokowi mengatakan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia tidak mudah.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang negara ini berdiri. Namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan,” kata Jokowi saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2021.

Atas hal itu, Jokowi mengatakan pendalaman nilai-nilai Pancasila tak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Jokowi menilai perlu cara-cara baru yang luar biasa agar Pancasila dimanfaatkan dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan. Saya mengajak seluruh aparat pemerintah tokoh agama, tokoh masyarakat para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” tutup Jokowi dalam amanat upacara.
Dalam kesempatan itu pula, Wakil Bupati Kab. Lamandau, Riko Porwanto, S.Stp mengatakan bahwa momen peringatan Hari Pancasila Tahun 2021 ini selayaknya dapat kita menambah rasa kebanggaan kita dan kita semakin kuat dalam rasa persatuan Indonesia. “Sebagaimana semboyan Bhineka Tunggal Ika, jadi kita harus menjadi satu kesatuan yang kuat, jangan ada perpecahan meskipun kita berbeda suku,” ucap Wakil Bupati.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id