Jumat, 22 Oktober 2021

Pemkab Lamandau terima Kunjungan Kerja Reses Anggota Komisi VII DPR RI.

Diterbitkan tanggal 22 April 2021

Pemkab Lamandau terima Kunjungan Kerja Reses Anggota Komisi VII DPR RI

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Kamis (22/04) Pemkab Lamandau menerima Kunjungan Kerja Reses Komisi VII DPR RI Dr. Ir. Willy Midel Yoseph, M.M. anggota DPR RI Fraksi PDIP Dapil Kalimantan Tengah yang bertempat di Aula BKD Kab. Lamandau.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Sales Manager Pertamina Kalselteng, Direktur Program Pembinaan Ketenagalistrikan Kementrian ESDM, UP3 P. Raya, Fraksi PDIP Kab. Lamandau, Camat Se-Kab. Lamandau, Kepala OPD terkait, dan peserta undangan lainnya.

Acara dimulai dengan sambutan dari Bupati H. Hendra Lesmana, beliau mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta rombongan yang hadir. “Masih beberapa desa di Kab. Lamandau yang belum ter-cover listrik, kami berharap Pemerintah Pusat mau membantu permasalahan kelistrikan di Desa, karena listrik merupakan kebutuhan utama di masa pandemi ini. Harapan kami, melalui kunker ini kita dapat terus meningkatkan sinergi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah.” Ungkap Bupati Lamandau.

Masih ada beberapa faktor yang menjadi penghambat perkembangan Kabupaten Lamandau, terutama masalah kelistrikan. Beberapa usulan mengenai pembangunan Pertamina agar dapat menjangkau pelosok di Kabupaten Lamandau.

“Kami bersedia untuk support pembangunan berkaitan dengan listrik Desa di Kab. Lamandau dengan kemampuan anggaran yang ada.” Tambah Bupati.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan materi oleh Dr. Ir. Willy Midel Yoseph, M.M. Komisi VII DPR RI yang memiliki ruang lingkup bidang Energi dan Riset Teknologi. Dalam perkembangannya, percepatan Energi Baru Terbarukan dalam waktu dekat akan segera direalisasikan. Beliau mengatakan kedepannya untuk bahan bakar kendaraan akan beralih ke energi Listrik. Dalam paparannya, beliau juga membahas 33 RUU Usulan Prolegnas Prioritas 2021.

Paparan selanjutnya oleh Kementrian ESDM bidang Minerba melalui Zoom Meeting. Paparan tersebut membahas tentang Pelaksanaan dan Perkembangan UU Nomor 3 Tahun 2020. Undang Undang tersebut mengatur tentang tata kerja batubara. Beberapa hal mengenai UU Minerba yaitu Perbaikan Tata Kelola Pertambangan Nasional, Kepastian Hukum dan Kemudahan Berinvestasi, Pengelolaan Lingkungan Hidup. “Konsepsi dari UU No. 3 Tahun 2020 ini berfokus kepada pengelolaan Mineral Batu Bara yang diawasi oleh Pemerintah Pusat”.

Kunker ini merupakan sebagai tindak lanjut Pemerintah Pusat untuk dapat menjangkau ke daerah. Sehingga dapat terbentuknya sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Dalam paparan ini membahas mengenai DPR RI. Yang terutama dalam kunker ini juga membahas bidang Kelistrikan, Energi, dan perizinan Minerba (Mineral dan Batubara).

Paparan dilanjut oleh Direktur Program Pembinaan Ketenagalistrikan Kementrian ESDM. Dalam paparannya beliau membahas tentang perkembangan pembangunan kelistrikan yang sudah terbangun sampai tahun ini terutama di Kalseltengtimra. Dari PLN juga terus memantau kelistrikan di Desa terutama di daerah Kab. Lamandau.

“Di Kabupaten Lamandau masih terdapat daerah yang belum hidup listriknya 24 jam, namun kami terus berupaya untuk meningkatkan sarana prasarana sehingga kelistrikan di desa dapat berjalan dengan baik.” Ungkap Direktur.

Paparan selanjutnya oleh UP3 Palangka Raya. Beliau mengatakan bahwa Gardu Induk Nanga Bulik akan segera dibangun tahun 2022.
“Kami sangat butuh support seluruh stakeholder, agar pembangunan Gardu Induk ini dapat berjalan dengan lancar”. Ungkap Manager UP3 Palangka Raya.

Paparan terakhir dari Sales Manager Pertamina. Untuk tren penjualan bensin premium dan pertalite masih besar di awal tahun 2021, sedangkan untuk solar mayoritas masih banyak digunakan. Beliau juga menjelaskan mengenai potensi investasi dari Pertashop, dengan benefit harga BBM sama dengan SPBU dan kualitas terjamin. Pertashop yang sudah berjalan di Kab. Lamandau yaitu di Jangkar Prima, Kec. Sematu Jaya. Dalam hal distribusi LPG 3 Kg untuk Kelompok Keluarga Miskin dan UMKM di daerah, Pemerintah Daerah berperan langsung dalam pengawasan distribusinya.

Setelah pemaparan, Bupati Lamandau memberikan cindramata kepada Dr. Ir. Willy Midel Yoseph, M.M dan beberapa bingkisan kepada perwakilan peserta rombongan.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id