Sabtu, 16 Oktober 2021

PENCANANGAN PEMBERIAN VAKSINASI COVID-19 KEPADA PEJABAT DAERAH, TOKOH AGAMA DAN TOKOH MASYARAKAT DI KABUPATEN LAMANDAU.

Diterbitkan tanggal 03 Februari 2021

Pencanangan pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Lamandau dilaksanakan di aula Bappeda. Vaksinasi pertama di Kabupaten Lamandau itu diberikan kepada 10 orang pejabat publik yang terdiri dari Bupati dan Wakil Bupati, pimpinan FKPD, Kepala Dinas Kesehatan serta tokoh masyarakat.

Semula, vaksinasi pertama dijadwalkan akan dilakukan pada 10 orang pejabat di Lamandau, termasuk Bupati dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lamandau. Namun hasil screening sebelum dilakukan vaksinasi terhadap Bupati H. Hendra Lesmana dan Kajari Lamandau, Agus Widodo tidak memperkenankan keduanya menjalani vaksinasi.

Karena hasil pemeriksaan awal yang dilakukan oleh petugas medis terhadap Bupati, Kajari dan Sekretaris MUI tidak memungkinkan untuk menerima vaksin, maka ketiganya gagal mengikuti vaksinasi.

“Rentang waktu saya menerima vaksin hepatitis B belum ada sebulan, jadi hari ini saya tidak diperkenankan menerima vaksin covid-19,” ungkap Bupati H. Hendra Lesmana dalam jumpa persnya.

Menurutnya, setelah jeda satu bulan pasca vaksin Hepatitis B yang diterimanya, maka orang nomor satu di Kabupaten Lamandau itu akan menjalani vaksinasi covid-19.

Beda dengan Bupati, Kajari Lamandau dan Sekretaris MUI Kabupaten Lamandau tidak diperkenankan menjalani vaksinasi covid-19 dikarenakan tensi darah sedang tinggi, sehingga mereka disarankan untuk disuntik vaksin di hari berikutnya apabila kondisi tekanan darah sudah normal.

Sedangkan, 7 orang pejabat di Kabupaten Lamandau yakni Wakil Bupati, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lamandau, Kapolres Lamandau, Dandim 1017/Lmd, Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau divaksin secara bergantian.

“Dengan adanya pencanangan vaksinasi terhadap pejabat daerah hari ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa aman bagi masyarakat calon penerima vaksin,” ungkap Bupati H. Hendra Lesmana dalam sambutannya sebelum dilaksanakan vaksinasi kepada sejumlah pejabat.

Menurutnya, vaksinasi pada tahap awal difokuskan untuk para tenaga kesehatan. Selanjutnya barulah untuk petugas pelayanan Covid-19 esensial sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19, seperti TNI, Polri, Satpol PP dan lain sebagainya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto, usai disuntik vaksin covid-19 mengaku bahwa dirinya tidak merasakan gejala apapun. “Harapan saya untuk masyarakat Kabupaten Lamandau tidak perlu takut untuk divaksin, Insya’ Allah aman”, ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPRD Lamandau, M. Bashar, menyatakan sangat mendukung pelaksanaan vaksinasi tersebut. Beliau menghimbau kepada masyarakat untuk tidak takut atau ragu dengan vaksinasi Covid-19.

“Rasanya biasa saja, seperti kita pada saat disuntik imunisasi atau suntik vitamin. Jadi kepada masyarakat tidak perlu merasa kekhawatiran,” ujarnya.

Dirinya berharap, semua pihak dapat menjadi bagian untuk turut serta mensukseskan vaksinasi secara nasional yaitu sampai ke tingkat daerah.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id