Kamis, 18 Juli 2019

Pencegahan dan Penanggulangan DBD Tanggung Jawab Bersama

Diterbitkan tanggal 24 Oktober 2018

Nanga Bulik – Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto menyebut bahwa pencegahan dan penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD) tidak bisa dilakukan oleh satu pihak yakni oleh pemerintah saja, akan tetapi memerlukan upaya dan kesadaran bersama seluruh pihak termasuk peran dari masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto, saat dibincangi usai Rapat koordinasi lintas sektor dalam rangka penanggulangan DBD di Kabupaten Lamandau, Selasa (23/10/2018)

“Kasus DBD di Lamandau selalu terjadi setiap tahun. Bahkan, tercatat dari Juli sampai Oktober jumlahnya cukup tinggi, yakni 38 kasus,” ungkapnya.

Riko menyebut, atas kondisi tersebut pihaknya sengaja mengundang sejumlah pihak terkait, termasuk Camat, Kades dan sejumlah pimpinan serta perwakilan dunia usaha dengan harapan agar dapat merumuskan bagaimana langkah dan upaya pencegahan DBD, khususnya di wilayah lingkungan endemis.

“Penyakit DBD ini bisa dicegah bila masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Artinya, kesadaran masyarakat juga menjadi kunci dalam penanggulangan DBD,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, ada beberapa metode dalam pencegahan DBD jangka pendek selain melakukan fogging dan pemberian bubuk Abate, misalnya pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan menggalakkan pola 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur).

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamandau, Friarayatini, juga mengakui jika dalam beberapa bulan terakhir kasus suspek DBD di lamandau tergolong cukup tinggi.

“Kasus yang terjadi selama ini belum bisa dikatakan positif DBD, karena harus melalui uji laboratorium. Hanya saja memang terindikasi DBD,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan adanya rakor dengan sejumlah pihak tersebut nantinya semua pihak bisa membantu dalam pengendalian dan pencegahan DBD. Sehingga potensi kasusnya dapat terus ditekan.

Sumber : borneonews, Oleh Hendi Nurfalah, 23 Oktober 2018 – 19:04 WIB

 

Share
© 2019 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id