Jumat, 22 Oktober 2021

Rakornas Virtual Pengendalian Inflasi 2020 Bersama Presiden RI.

Diterbitkan tanggal 23 Oktober 2020

Sekretaris Daerah Ikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2020 melalui video conference dari ruang Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau, Kamis(22/10/2020).

Rakornas mengusung tema “Transformasi digital UMKM pangan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga menuju Indonesia maju”. Rakornas dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo dan turut hadir secara virtual beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala BI dan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menyatakan Kondisi perekonomian Tahun 2020 sangat berbeda dibanding Tahun-Tahun sebelumnya.

“Kali ini kita dituntut mampu mempertahankan tingkat Inflasi agar tidak terlalu rendah. Inflasi harus kita jaga pada titik keseimbangan agar memberikan stimulus pada produsen untuk tetap berproduksi”, tutur Presiden RI.

Jokowi juga mengatakan bahwa saat ini menjaga keseimbangan menjaga suplai sangat penting agar disaat perekonomian sudah pulih dan daya beli masyarakat sudah kembali normal tidak terjadi tekanan signifikan terhadap harga-harga.

Untuk menjaga daya beli masyarakat, pemerintah Pusat telah menyalurkan skema program prelindungan sosial dan yang bersifat cash transfer mulai dari PKH, Bantuan Sosial tunai, BLT Dana Desa, kartu prakerja, subsidi gaji, Bantuan Sosial produktif untuk bantuan modal UMKM.

“Dengan berbagai skema bantuan sosial tersebut diharapkan akan meningkatkan konsumsi rumah tangga, dan akhirnya akan mendorong tumbuhnya suplai” tutup Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga menyatakan di tengah-tengah situasi seperti ini kita harus dapat menjaga harga agar tidak melonjak.

Rangkaian Rakornas diisi dengan pengumuman Nominasi sekaligus Pemenang TPID Award Tahun 2020 meliputi Provinsi terbaik, Kabupaten/Kota terbaik dan Kabupaten/Kota Berprestasi.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id