Rabu, 21 Agustus 2019

Rapat Koordinasi Teknis Percepatan dan Pelaksanaan dan Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Lamandau

Diterbitkan tanggal 16 Mei 2019

Nanga Bulik –  Rapat Koordinasi Teknis Percepatan dan Pelaksanaan dan Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Lamandau. Acara tersebut dipimpin Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto, S.STP , Dalam acara rapat tersebut, Bupati lamandau melalui sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati, menyampaikan bahwa percepatan pengarusutamaan gender merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi suatu dimensi integral dari perencanaan penyusunan pelaksanaan dan pemantauan, yang dalam pelaksanaan nya diharapkan tercapai kesetaraan gender antara laki laki dan perempuan agar berpartisipasi dalam kegiatan politik ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan hal ini dapat dilihat melalui instruksi presiden nomor 9 tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender. PUG bukan hanya tanggung jawab DP3AKKB melainkan juga tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah.

Tujuh prasyarat awal pug meliputi
1. Komitmen
2. Kebijakan dan program
3. Kelembagaan pokja focal point dan tim teknis
4. Sumber daya manusia dan prasarana
5. Data terpilah gender
6. Tools (panduan modul bahan komunikasi)
7. Jejaring/Network

Masalah yang dihadapi dalam PUG adalah kebijakan yang hanya memperhatikan tugas dan fungsi instansi dan sasaran pembangunan hanya untuk kelompok tertentu
pemerintah Kabupaten Lamandau mendukung perwujudan pembangunan berwawasan gender meskipun belum optimal. Upaya tersebut antara lain dapat dilihat melalui penetapan Peraturan Bupati Lamandau Nomor 35 tahun 2018 tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender di Kabupaten Lamandau dan keputusan Bupati lamandau nomor 188.45/427/XI/HUK/2018 tentang pembentukan pokja PUG Kabupaten Lamandau.

Indikator Indeks Pembangun Gender (IPG) Kabupaten Lamandau tahun 2015 sebesar 91,55 % atau diatas rata rata provinsi kalimantan tengah sebesar 89,25 %. Hasil tersebut disambut baik dan diharapkan agar OPD terkait mampu memahami tugas dan tanggung jawab OPD dalam percepatan pelaksanaan PUG di OPD masing masing dan mempertahankan IPG diatas rata rata Provinsi kalimantan tengah.

Acara dihadiri Kepala Kepala OPD/Kasubag Perencanaan Pokja PUG Kab. Lamandau, Ketua APSAI Kab. Lamandau, Kepala SMPN 1 Nanga Bulik, Kepala SDN 6 N. Bulik serta undangan lainnya.

Sumber : Protokol dan Komunikasi Publik

Share
© 2019 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id