Rabu, 18 September 2019

Rumah pintar pemilu berfungsi layaknya museum, kata KPU Kalteng

Diterbitkan tanggal 19 Desember 2018

Nanga Bulik – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah berharap, keberadaan Rumah Pintar Pemilu di Lamandau dapat berfungsi layaknya museum, yang dapat dijadikan sebagai tempat mencari informasi seputar kepemiluan.

Masyarakat dapat dengan mudah mencari informasi dan pembelajaran politik serta sejarah pemilu maupun pilkada dari pertama sampai berakhirnya penyelenggaraan, Kepala KPU Kalteng Armain Ibrahim usai meresmikan Rumah Pintar Pemilu, KPUD Kabupaten Lamandau, Selasa.

“Rumah pintar pemilu di Lamandau yang mulai diluncurkan sejak tahun 2015 lalu ini, merupakan ke-10 diresmikan di kabupaten/kota se-Kalteng. Tujuan mendirikannya juga untuk meningkatkan partisipasi maupun sosialisasi tentang kepemiluan kepada masyarakat” kata Armain.

Sementara itu, Ketua KPUD Lamandau Irwansyah menambahkan bahwa RPP sejatinya merupakan tempat mencari informasi terkait penyelenggaraan pemilu, yang didalamnya memuat tentang dokumentasi yang terdahulu hingga sekarang.

Ia berharap dengan keberadaan RPP di KPUD Lamandau maka akan mendorong terciptanya pesta demokrasi yang berintegritas, untuk itu pihaknya akan berupaya seoptimal mungkin untuk kesuksesan Pemilu di Bumi Bahaum Bakuba.

Keberadaan RPP yang baru saja diresmikan juga merupakan wujud komitmen Pemilu di Lamandau dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai dan berlangsung demokratis.

“Menjadi harapan kita bersama bahwa penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Lamandau dapat berjalan demokratis dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” kata Irwansyah.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto juga mengimbau dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019 agar masyarakat anti golput dan memilih para pemimpin sesuai dengan hati nurani masing – masing.

“RPP ini juga sebagai wahana edukasi bagi masyarakat dan kepada penyelenggara pemilu dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal,” demikian Riko.

Turut hadir dalam peresmian Rumah Pintar Pemilu KPUD Lamandau, Kanan Kesbangpol Edison Dewel, Pabung Kodim 1014/ PBN Mayor Inf Enggarsono, Waka Polres Lamandau, perwakilan Kejari Lamandau serta pimpinan dan pengurus partai politik dan mahasiswa.

Sumber : Antarakalteng, Pewarta : Koko Sulistyo , Editor: Admin 3, COPYRIGHT © ANTARA 2018,

Share
© 2019 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id