Sabtu, 16 Oktober 2021

SEKDA IKUTI RAKORWIL TPAKD SE-PROVINSI KALTENG SECARA VIRTUAL.

Diterbitkan tanggal 10 Maret 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Senin (08/03) Pukul 09.00 WIB Sekretaris Daerah Kab. Lamandau M. Irwansyah, SP., MP beserta OPD terkait mengikuti Rapat Koordinasi Wilayah TPAKD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah) Se-Provinsi Kalimantan Tengah yang dipimpin langsung oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran via Zoom Meeting di aula Sekretariat Daerah. Rapat dimaksud dihadiri oleh seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah.

Rapat tersebut dimulai dengan laporan dari Kepala OJK regional Kalteng, beliau mengatakan bahwa dengan adanya TPAKD di tahun 2020 lalu terdapat beberapa indikator yang sudah tercapai seperi data keuangan perbankan cukup mengalami peningkatan dan data keuangan pasar modal juga mengalami peningkatan karena banyak masyarakat yang mulai berinvestasi di pasar modal. “Seperti mengutip arahan dari Presiden RI dalam Rakornas TPAKD, Pemerintah Daerah harus lebih ekstraordinary dalam regulasi keuangan daerah” Ungkap Kepala OJK.

Kemudian dilanjutkan dengan Arahan dari Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, beliau menegaskan bahwa kita dalam menghadapi pandemi, harus bekerja lebih keras dan berinovatif sehingga dapat membantu memulihkan perekonomian masyarakat di masa pandemi ini.
“Arahan Presiden RI agar dapat segera dilaksanakan dalam membentuk TPAKD di Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah, dikarenakan perbaikan ekonomi nasional merupakan agenda tahunan yang mesti kita hadapi” Ungkap Gubernur Kalteng.

“Kita harus memperbaiki ekonomi kita, perbankan yang ada di Kalteng harus mencoba memulai dari bawah dan perbankan harus menjadi motor utama dalam perbaikan ekonomi nasional dalam hal kredit usaha untuk rakyat. Dan kita juga perlu lebih selektif dan lebih turun tangan dalam peningkatan sektor ekonomi di daerah, perlunya terobosan-terobosan sehingga PAD (Pendapatan Asli Daerah) dapat meningkat dari sektor perkebunan, pertanian, peternakan, pertambangan dan kelautan” Ungkap Gubernur Kalteng.

Setelah mendengarkan arahan dari Gubernur Kalteng, acara dilanjutkan paparan rencana kerja tahun 2021 dari 4 Kabupaten/Kota yang telah membentuk TPAKD. Yang pertama dari Kota Palangka Raya, rencana kerja yang diusulkan salah satunya adalah program peningkatan daya saing usaha yaitu dengan adanya Marketpalce M Biz, dimana pelaku usaha UMKM dapat mendaftarkan produk-produk yang ditawarkan di marketplace tersebut. Kemudian yang kedua dari Kotawaringin Timur, salah satu rencana kerja yang diusulkan adalah dibidang Koperasi dan UKM di desa-desa, perlunya program pendidikan dan pelatihan perkorperasian sehingga ekonomi desa dapat meningkat. Kemudian Pengembangan dan Pemberdayaan UMKM juga termasuk diprogram tersebut.

Lalu dari Kotawaringin Barat mengusulkan beberapa rencana kerja juga salah satunya Program literasi keuangan dan pengembangan ekonomi dari sektor pertanian dan kelautan. Lalu dari kabupaten Katingan salah satu program rencana kerjanya dari sektor kebudayaan, dimana perlu dilaksanakan peningkatan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif di Desa Keruing yang mana desa tersebut menjadi salah satu akses Taman Nasional Sebangau.

Terakhir dari Kepala OJK mengingatkan kembali agar Kabupaten/Kota bisa mempercepat pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah, sehingga dapat bersinergi untuk merumuskan program-program demi mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di daerah.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id