Selasa, 03 Agustus 2021

Sekda Pimpin Rapat Perpanjangan Waktu Input Capaian Output DAK Fisik.

Diterbitkan tanggal 30 Maret 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Jum’at (26/03), Sekretaris Daerah M. Irwansyah, SP.,MP. memimpin rapat Pembahasan Perpanjangan Waktu Input Capaian Output DAK Fisik yang dilaksanakan di Aula Setda Lamandau pukul 13.30 WIB. Rapat tersebut dihadiri oleh Asisten II Bagian Perekonomian dan Pembangunan dan OPD terkait.

Rapat dibuka dengan arahan yang diberikan oleh Sekda, beliau mengatakan perlu perhatian kita semua mengenai DAK Fisik selalu mengalami keterlambatan salur. Secara aturan seluruh Indonesia semua sama dan kita tidak bisa dijadikan pengecualian. “Strategi percepatan dalam rangka percepatan proses transfer dana-dana tersebut perlu kita bahas, sehingga kedepannya tidak terjadi lagi keterlambatan,” ungkap Sekda.

Walaupun ada perpanjangan waktu, mestinya kita tidak akan membuka penginputan kembali karena akan mempengaruhi yang lainnya. “Komitmen dari seluruh OPD pengampu dana DAK untuk tidak membuka kembali akses penginputan. Selama ini pekerjaan DAK Fisik direview setelah tutup tahun. Ketika dokumen itu selesai, seharusnya segera direview sesaat setelah dilaksanakan” pungkas Sekda.

“Terkhusus untuk Dinas Pendidikan banyak regulasi yang perlu diubah, karena memiliki cakupan yang cukup luas dan menyebar, oleh karena itu tahun ini diharapkan bisa didelegasikan karena jika pengelolaan dana BOS dilakukan Dinas saja, dirasa tidak mampu ter-cover semua,” lanjut Sekda.

“Langkah-langkah percepatan perlu diambil dalam rangka percepatan penginputan capaian DAK Fisik tidak mengalami keterlambatan seperti tahun sebelumnya. Belajar dari tahun sebelumnya, kita perlu peran aktif dari seluruh OPD agar review dan penginputan dapat dilakukan dengan baik,” ungkap Sekda.

“Untuk tahun 2021 ini kita perlu mempercepat program-program kita. Kemudian untuk program pengelolaan DAK ini ketika ada kendala perlu kita komunikasikan, agar dapat terlaksana dengan baik. Kita juga perlu memperhatikan prioritas nasional, sehingga pengelolaan DAK ini mengarah ke situ,” tambah Asisten II Bagian Perekonomian dan Pembangunan.

“Mari komitmen kita bersama untuk percepatan pelaksanaan DAK Fisik. Karena perlunya kita meningkatkan sinkronisasi, komunikasi, dan solidaritas bersama. Rencana yang diajukan kedepannya perlu sejalan dengan prioritas nasional dan perlu berpatokan dengan pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi ini. Upaya-upaya kreatif dalam perencanaan juga diperlukan, sehingga dapat di akomodir oleh Pemerintah Pusat,” tutup Sekda dalam rapat tersebut.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id