Sabtu, 16 Oktober 2021

Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau Menghadiri Acara Virtual Meeting Yang Dipimpin Oleh Kapolda Kalimantan Tengah.

Diterbitkan tanggal 09 Februari 2021

Acara ini dilaksanakan di Aula Bappeda (08/02), diselenggarakan secara virtual dan dihadiri juga oleh Kapolres, Dandim 1017/Lamandau, Kasat Binmas, Kapolsek Bulik, Danramil Bulik, Bhabinsa, dan seluruh Bhabinkabtimas di Kabupaten Lamandau. Acara virtual meeting ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalimantan Tengah.

Kapolda Kalimantan Tengah pada awal sambutannya memberikan apresiasi terhadap penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Tengah. Pada tahun 2020, penanganan karhutla boleh dikatakan berhasil karena menekan kasus karhutla dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kapolda berterima kasih kepada pihak-pihak yang terkait atas keberhasilan menangani karhutla di tahun 2020.

“Keberhasilan menangani karhutla di tahun 2020 harus kita lanjutkan kembali di tahun 2021. Agar Pemda, TNI, Polri, dan pihak-pihak yang terkait dapat mempersiapkan dengan matang sarana dan prasarana untuk menangani karhutla di tahun 2021. Jangan menunggu musim kemarau dan kejadian karhutla muncul baru siap menangani kasus ini. Tapi persiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari sebelum musim kemarau, agar kita siap menangani karhutla di tahun 2021,” ungkap Kapolda Kalimantan Tengah.

Kapolda juga berpesan untuk dilakukan tindakan-tindakan tegas terhadap pelaku pembakar hutan dan lahan tanpa terkecuali. Terlebih tugas dari Bhabinsa dan Bhabinkabtimas untuk melakukan pendekatan-pendekatan persuasif terkait kebiasaan masyarakat yang mayoritas merupakan petani yang masih menggunakan cara membakar lahan untuk mereka memulai berladang atau bertani.

Fokus berikutnya yang disampaikan oleh Kapolda Kalteng yaitu penanganan Covid-19. Kapolda Kateng menghimbau kepada Pemda, TNI, Polri, dan pihak terkait agar saling bersinergi untuk bisa menekan laju penyebaran Covid-19. Agar semakin ditingkatkan protokol kesehatan demi menekan laju penyebaran Covid-19 mulai dari tingkat provinsi sampai ke tingkat desa-desa.

Tahun 2021 Kapolda juga akan mengoptimalkan Lewu Isen Mulang (Desa Pantang Mundur) sebagai desa yang tangguh dalam menangani karhutla, pencegahan penyebaran Covid-19, ketahanan pangan, dan penanganan penyalahgunaan narkotika.

“Bahaya narkotika ini sudah menjadi hal yang menakutkan di lingkungan kita terlebih untuk generasi muda penerus bangsa. Karena peredaran narkotika bukan hanya terjadi di kota-kota besar, tetapi sudah sampai ke desa-desa”. lanjut Kapolda.

Kapolda Kalteng juga menghimbau agar berhati-hati terhadap paham radikalisme. Karena Kalimantan Tengah memegang prinsip Huma Betang yang berarti rumah kita bersama. Jadi tidak ada celah untuk paham radikalisme di Negara Pancasila ini Karena berawal dari paham radikalisme bisa menghasilkan aksi terorisme. Jangan beri sedikitpun celah untuk paham radikalisme muncul di Indonesia, khususnya di Kalimantan Tengah.

Kapolda Kalteng juga meminta agar pihak-pihak terkait dapat membantu program ketahanan pangan. Terlebih di Kalimantan Tengah menjadi salah satu program nasional Pemerintah Indonesia yaitu menjadi daerah pembangunan food estate. Pembangunan food estate yang akan dibangun di Pulang Pisau dan di Kapuas, ini agar dapat diawasi oleh semua pihak karena merupakan program nasional dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Karena program food estate ini hanya ada 2 (dua) di Indonesia salah satunya yang paling besar ada di Kalimantan Tengah. Hal ini menjadi kebanggaan kita bersama maka dengan itu kita harus saling bersinergi untuk mendukung program food estate sebagai pencadangan pangan di Indonesia.

“Terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang selalu bersinergi dalam membantu terlaksananya program-program pemerintah baik tingkat daerah sampai dengan tingkat nasional. Mari ditahun 2021 ini kita saling bahu-membahu dan saling mengawal untuk proses pelaksanaan program pemerintah ini,” tutup Kapolda Kalteng dalam virtual meeting tersebut.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id