Kamis, 28 Oktober 2021

Wabup Audiensi mengenai PLKB Non PNS dengan Bupati/Walikota Seluruh Indonesia secara virtual

Diterbitkan tanggal 12 Agustus 2020

Nanga Bulik – Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto, S.STP mengikuti audiensi mengenai Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Non PNS dengan Bupati/Walikota Seluruh Indonesia secara virtual zoom meeting , Selasa (11 Agustus 2020) di ruang kerja Wakil Bupati Lamandau.

Dalam audiensi nasional tersebut, Kepala BKKBN Pusat, Dr Hasto Wardoyo menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua peserta karena pada momentum yang sangat luar biasa ini dirinya bisa mendengarkan aspirasi secara langsung dari bawah dalam rangka percepatan pembangunan nasional dibidang KB.

“Walaupun dalam masa pandemi, saya berharap petugas KB di lini bawah terus menciptakan perubahan baru dan disiplin tinggi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dibidang KB,” ujarnya.

Kepala BKKBN Pusat menjelaskan mengenai kinerja dan pekerjaan PLKB non PNS, teknisnya tidak jauh berbeda dengan kinerja PLKB PNS, bahkan lebih rajin. Untuk itu pihaknya meminta kepada dinas terkait agar memberikan sarana penunjang seperti sepeda motor dan android kepada PLKB non PNS sehingga tugas ke desa-desa tidak terhambat.

BKKBN sudah memiliki aplikasi EKLOK untuk memantau kinerja PLKB non PNS. Langkah ini sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah.

Berdasarkan data yang dihimpun BKKBN Pusat, bahwa kondisi rasio Penyuluh KB (PKB) yang berstatus PNS dibandingkan dengan Jumlah Desa / Kelurahan di seluruh Indonesia adalah 1 berbanding 6 dari ideal rasio 1 berbanding 2.

Artinya bahwa kondisi saat ini 1 orang PLKB masih menangani 6 Desa padahal idealnya 1 orang PLKB hanya bisa menangani 2 Desa. Dengan demikian dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan program Bangga Kencana kepada seluruh masyarakat dan keluarga masih dibutuhkan penambahan tenaga PLKB.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id