Jumat, 22 Oktober 2021

Wakil Bupati Diskusi Online Bersama Bawaslu

Diterbitkan tanggal 19 Mei 2020

Nanga Bulik – Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto, S.STP mengikuti diskusi online dengan perihal bantuan sosial , antara covid 19 dan pilkada 2020, Senin (18/05) di aula setda.

Dalam diskusi ini Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah mengimbau kepada seluruh kepala daerah untuk tidak mempolitisasi bantuan sosial (Bansos) Covid 19.

Hal ini sebagai upaya pencegahan tindakan pelanggaran, mengingat tahapan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020, kepada para calon petahana agar bisa menghindari politisasi bantuan, baik yang bersumber dari APBN maupun dari APBD, baik daerah sendiri maupun daerah lain, dalam waktu enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon, sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih, sebagaimana diatur pasal 71 ayat (3) Undang-Undang(UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota “Apabila hal tersebut tidak diindahkan atau dilanggar maka konsekuensinya pada pembatalan sebagai calon bagi petahana atau sanksi pidana dan sanksi lainnya sesuai undang-undang yang berlaku yakni pasal 71 ayat (5),” tegas Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah.

Bawaslu tidak melarang adanya pemberian Bansos. Namun hendaknya tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat kampanye terselubung. Contohnya, dengan melakukan pemasangan atau menempelkan poster diri, jargon atau slogan-slogan yang bersifat kampanye.

Wakil Bupati dalam diskusi tersebut juga menyampaikan perkembangan terbaru yang terjadi di wilayah kabupaten lamandau “kita berharap pemilu kepala daerah 2020 dapat berjalan dengan lancar, kita semua tentu berharap dan berdoa agar wabah covid 19 ini segera berakhir, kami juga menyampaikan bahwa dana bantuan untuk yang bersumber dari dana desa dan kementerian sosial juga sudah sampai ke masyarakat yang membutuhkan,”Kata wakil Bupati.

Kegiatan diskusi dihadiri oleh Bupati dan Walikota Se Kalimantan Tengah.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

sumber : Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id