Sabtu, 16 Oktober 2021

Wakil Bupati Ikut Rakor Pelaksanaan Program Pertashop Bersama Mendagri Secara Virtual.

Diterbitkan tanggal 10 September 2020

Nanga Bulik – Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto, S.STP menghadiri Rapat Koordinasi Bersama Kemendagri dan PT. Pertamina secara virtual, Rabu (9 September 2020) di aula Setda Lamandau.

Agenda rakor membahas percepatan pelaksanaan program Pertamina Shop (Pertashop) kerjasama Kementerian Dalam Negeri dengan PT Pertamina (Persero) 2020.

Rakor dibuka langsung oleh Mendagri Tito Karnavian, dihadiri Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati dan Komisaris PT Pertamina Condro Kirono, serta diikuti oleh Gubernur, Bupati, Walikota se Indonesia.

Dalam sambutannya, Tito Karnavian mengatakan, program Pertashop memiliki makna strategis dan bermanfaat baik pemerintah dan masyarakat.

“Ini ide dari pertamina. Pertashop intinya membangun SPBU kecil di desa-desa. Tujuannya mendekatkan layanan mendasar bagi masyarakat yaitu bahan bakar minyak,” kata Mendagri.

Hal itu, sesuai cita-cita Presiden untuk membangun desa agar terjadi pemerataan pembangunan. Pertashop memberikan jaminan terhadap kualitas dan harga BBM. Serta menjadi stimulus pembangunan desa.

Pertashop merupakan bentuk keberlanjutan (sustainability) pengelolaan sumber daya energi secara optimal dan terpadu. Program Pertashop merupakan salah satu bentuk Sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kewajiban Memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Percepatan pelaksanaan program Pertashop tersebut mutlak memerlukan komitmen dan sinergisitas seluruh stakeholders, baik Pertamina maupun pemerintah, mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten hingga desa.

Berdasarkan data dari Pertamina, saat ini sudah ada 527 outlet Pertashop terbangun, dengan target 4.308 di akhir tahun 2020, dengan rincian di daerah berkembang sebanyak 2.376 dan 1.932 outlet di daerah yang memiliki permintaan sangat tinggi. Kemudian, pada tahun 2021 ditargetkan sebanyak 11.832 outlet Pertashop dibangun, di Jawa-Bali 6.830, dan di luar Jawa-Bali 5.002 outlet

Wakil Bupati dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Asisten II Setda dan Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Lamandau.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id