Kamis, 28 Oktober 2021

Wakil Bupati Lamandau Resmi Launching Program Mina Padi.

Diterbitkan tanggal 16 Oktober 2020

Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melalui Dinas Pertanian dan Peternakan melakukan Launching Program Mina Padi, Rabu (14 Oktober 2020)

Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto, S.STP yang didampingi Kepala OPD terkait secara resmi telah melaunching program tersebut di Balai Tanaman Pangan dan Holtikultura.

Mina padi adalah satu bentuk usaha tani gabungan (combined farming) yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya yang memaksimalkan hasil tanah sawah. Mina padi meningkatkan efisiensi lahan karena satu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian sekaligus

“Salah satu optimalisasi potensi lahan sawah irigasi dan peningkatan pendapatan petani adalah dengan merekayasa lahan dengan teknologi tepat guna. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengubah strategi pertanian dari sistem monokultur ke sistem diversifikasi pertanian, salah satunya adalah dengan menerapkan teknologi budidaya Mina Padi”, kata Riko Porwanto, S.STP

Lebih lanjut, Dengan adanya pemeliharaan ikan di persawahan selain dapat meningkatkan keragaman hasil pertanian dan pendapatan petani juga dapat meningkatkan kesuburan tanah dan air, juga dapat mengurangi hama penyakit pada tanaman padi.

Ada Sebanyak Seribu Ekor Benih Ikan berukuran dari 8 Hingga 12 cm dilepaskan di area Persawahan yang sudah ditanami Padi tersebut.

Wakil Bupati berharap program mina padi ini dapat didukung OPD terkait, terutama Dinas PUPR yang dalam hal ini membantu pembuatan irigasi, dan Stakeholder terkait agar saling bahu membahu untuk memanfaatkan hal yang baik dan nantinya akan bermanfaat untuk kesejahteraan Kabupaten Lamandau.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id