Minggu, 25 Agustus 2019

Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto, S.STP Memimpin Rapat Pembahasan Kebijakan dan Strategi Daerah (JAKSTRADA) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga

Diterbitkan tanggal 20 Juni 2019

Nanga Bulik – Pembahasan Kebijakan dan Strategi Daerah (JAKSTRADA) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga
Saat ini Pemkab Lamandau tengah menyusun Kebijakan Strategi Daerah dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga sesuai Pearturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017.Rabu (19/06/2019)

Wakil Bupati mengatakan Pengelolaan sampah rumah tangga memasuki paradigma baru sejak 2008 , menjadi sesuatu yang dilakukan memperhitungkan aspek ekonomi, karenanya pengelolaan sampah tidak hanya bisa dilakukan oleh DLHK atau Dinas PUPR saja tetapi semua unsur.

Wakil Bupati menambahkan, masyarakat memiliki peran sangat penting dalam menjaga kebersihan kota disusul dengan program-program kebijakan strategis daerah, Ungkapan “Kebersihan adalah Sebagian dari Iman” harus menjadi kesadaran masyarakat. “Salah satunya agar masyarakat dapat mewadahi sampah dan meletakkan di tempat yang dilintasi petugas kebersihan agar dapat diangkut. Jangan sampah dibiarkan berserak, dibuang ke parit, atau ke sungai,” ujar Wakil Bupati.

Wakil Bupati menerangkan, sistem pengelolaan sampah rumah tangga ini dapat mengacukan 3 R. Ketiganya adalah Reduce yakni mengurangi sampah dengan mengurangi pemakaian barang atau benda yang tidak terlalu dibutuhkan, Reuse yakni memakai dan memanfaatkan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang baru, dan Recycle yaitu mendaur ulang kembali barang lama menjadi barang baru.

Pada Pertemuan Penyusunan Kebijakan Strategi Daerah Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga ini diisi dengan pemaparan dari Ketua dan anggota Tim Jakstrada Kab. Lamandau, dan akan diadakan rapat final membahas hasil evaluasi JAKSTRADA diwaktu mendatang.

#LamandauBergerakCepat #LamandauJuara #setdalamandau #lamandau #kalteng

Sumber : Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2019 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id