Sabtu, 20 Juli 2019

Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto, S.STP menghadiri Press conference calendar of event Kalimantan Tengah Festival Budaya Isen Mulang 2019 dan Festival Babukung 2019.

Diterbitkan tanggal 19 Maret 2019

Jakarta Pusat – Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto, S.STP menghadiri Press conference calendar of event Kalimantan Tengah Festival Budaya Isen Mulang 2019 dan Festival Babukung 2019.  Acara tersebut dihadiri oleh Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng, Kepala Dinas Pariwisata Prov. Kalteng bertempat di Gedung Sapta Pesona Kemernterian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2019)

Dalam kesempatan tersebut, Wabup menjelaskan bahwa Babukung ialah sejenis tarian ritual adat kematian Suku Dayak Tomun di Kab. Lamandau. Tarian ini menggunakan topeng dengan karakter hewan tertentu yang disebut Luha yang diiringi musik tradisional sedangkan para penari disebut Bukung. “Festival Babukung sudah menjadi festival tahunan yang digeselenggarakan oleh Pemkab Lamandau, Festival ini pertama kali digelar pada tahun 2014 dan tahun ini memasuki tahun kelima, pada tahun 2015 lalu Kab. Lamandau sudah memecahkan rekor MURI dengan menampilkan lebih dari seribu bukung. Rencana tahun ini kami akan menampilkan kejutan yang lebih dalam pergelaran event ini termasuk didalamnya karnaval topeng, bukung big sale, workshop pembuatan bukung, hingga lomba photography dan akan diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 17-19 juli mendatang di Nanga Bulik”, kata Wabup.

Wabup juga harapan event ini dapat menggaet Wisatawan Lokal bahkan Wisatawan Mancanegara.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata mengungkapkan bahwa 2 festival ini sudah masuk kalender of event kementerian pariwisata, even ini dipandang memiliki daya tarik karena keunikan. Dengan waktu tinggal beberapa bulan sebelum hari penyelenggaraan akan di manfaatkan oleh kementerian untuk mempromosikan event tersebut ke luar negri melalui media-media yang di miliki. “Dengan mengangkat kearifan lokal masyarakat Dayak yang punya peranan besar dalan melestarikan alam di Kalteng tentu akan menambah nilai jual untuk menarik wisatawan datang pada event tersebut”, kata Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata.

Sumber : Protokol dan Komunikasi Publik

Share
© 2019 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id